Penandatanganan MoU dan LoA prodi lingkup FEBI UIN Alauddin dengan Sekolah Indonesia Kuala Lumpur

  • 24 Mei 2023
  • 05:04 WITA
  • Administrator
  • Berita

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam melakukan kunjungan ke Sekolah Indonesia Kuala Lumpur yang berlokasi di 1, Lorong Tun Ismail, Kuala Lumpur, Malaysia, pada hari Jum'at, 19 Mei 2023. Mengikutsertakan perwakilan dari lima (5) jurusan, yaitu Jurusan Akuntansi, Manajemen, Ekonomi Islam, Ilmu Ekonomi, serta Perbankan Syariah, kunjungan ini dilakukan dengan tujuan melakukan penandatanganan MoU antara Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar dengan Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL). Selain itu, dilakukan juga penandatangan LoA untuk masing-masing jurusan di lingkup Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

Kunjungan ini dihadiri oleh pimpinan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, diantaranya Dekan (Prof. H. Abustani Ilyas, M. Ag), Wakil Dekan  I (Dr. Muhammad Wahyuddin Abdullah, SE., M.Si., Ak., CA), Wakil Dekan II (Dr. Hj. Rahmawati Muin, M.Ag), Wakil Dekan III (Dr. Amiruddin K, M.E.I) dan Kepala Tata Usaha (Hj. Nurmiati, M.M), serta oleh ketua, sekretaris, dan perwakilan dosen masing-masing jurusan.

Rombongan dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam disambut dengan hangat oleh pihak Sekolah Indonesia Kuala Lumpur. Bertempat di ruang rapat sekolah, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Prof. H. Abustani Ilyas, M. Ag menyampaikan terima kasih atas sambutan dan kesempatan yang diberikan untuk Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam untuk bisa menjalin kerjasama dengan Sekolah Indonesia Kuala Lumpur. Hal ini ditanggapi langsung oleh Kepala Sekolah Indonesia Kuala Lumpur, Dr. Friny Napasti, S.Pd., M.Pd yang kemudian menjelaskan mengenai bagaimana sekolah ini didirikan serta program-program yang berjalan selama ini, termasuk adanya lembaga-lembaga pendidikan non formal yang tersebar di berbagai wilayah di Negara Malaysia, yang dibawahi oleh SIKL. Dr. Friny juga menjelaskan mengenai kesempatan yang diberikan bagi mahasiswa setiap Jurusan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar untuk melaksanakan KKN/program magang baik itu di SIKL maupun lembaga-lembaga pendidikan dibawah SIKL.

Diskusi di ruang rapat Sekolah Indonesia Kuala Lumpur yang  berlangsung selama kurang lebih 30 menit banyak membicarakan terkait poin-poin kerjasama antara Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, serta masing-masing jurusan, dengan Sekolah Indonesia Kuala Lumpur. Diskusi diakhiri dengan penyerahan plakat serta penandatanganan MoU dan LoA   untuk masing-masing jurusan di lingkup Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Penandatanganan MoU dilakukan oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, sementara penandatangan LoA untuk setiap Jurusan dilakukan  oleh Ketua Jurusan, didampingi oleh Sekretaris, serta perwakilan dosen masing-masing Jurusan.

Kerjasama ini kemudian membuka peluang yang sangat besar bagi mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam untuk bisa mendapatkan pengalaman menjalankan KKN atau program magang di Negara Malaysia. Hal ini tentu mendukung kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang telah diadopsi di setiap Jurusan. Kegiatan ini juga menjadi bentuk semangat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam  untuk terus meningkatkan mutu pendidikan melalui kerjasama yang bisa memberi peluang/kesempatan bagi mahasiswa untuk bisa tumbuh dan memiliki daya saing yang kuat.


@namlaelfa