Kolaborasi Penelitian Dosen dan Mahasiswa Jurusan Akuntansi di Kab. Kepulauan Selayar

  • 27 Agustus 2021
  • 10:41 WITA
  • Administrator
  • Berita

<!--[if !supportLists]-->A.  <!--[endif]-->RINGKASAN EKSEKUTIF

Penelitian jurusan akuntansi dengan judul Penyusunan Laporan Keuangan UMKM berdasarkan SAK-EMKM (Studi Kasus Pada UMKM Rumah BUMN Kab. Kepulauan Selayar) merupakan penelitian kolaboratif antara dosen dan mahasiswa dalam rangka meningkatkan kapasitas research serta publikasi bagi dosen dan mahasiswa Jurusan Akuntansi.  UMKM merupakan salah satu penggerak perekonomian bangsa karena memegang peranan penting dalam pertumbuhan dan penyerapan tenaga kerja di Indonesia. Dengan perkembangan UMKM dalam melaporkan laporan keuangan, dikeluarkanlah Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil Menengah (SAK-EMKM), yang diharapankan dapat memberikan gambaran kinerja manajemen UMKM terkait. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan metode studi kasus dengan pengumpulan data melalui metode wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Rumah UMKM dan UMKM Tanning Selayar masih belum dapat memahami menyusun pencatatan laporan keuangan yang sesuai dengan Standar Akuntansi Entitas Mikro Kecil dan Menengah. Ini dikarenakan kurangnya sumber daya manusia yang mengerti dan memahami penyusunan laporan keuangan berdasarkan SAK-EMKM.

<!--[if !supportLists]-->B.  <!--[endif]-->LATAR BELAKANG

Bidang usaha mikro, kecil, dan menengah yang biasa disingkat UMKM adalah kegiatan ekonomi kerakyatan mandiri dan berskala kecil yang pengelolaannya dilakukan oleh kelompok masyarakat, keluarga, atau perorangan (Purba, 2019). Di dunia bisnis, para pelaku bisnis usaha diharapkan dapat mengelola usahanya dengan baik dan tepat terutama dalam mengelola laporan keuangan. Banyak yang beranggapan bahwa dalam mengelola laporan keuangan sangat mudah dan sederhana. Namun pada kenyataannya, masih banyak para pelaku usaha yang kurang paham dalam mengelola dan menyajikan laporan keuangannya. Mereka cenderung mengabaikan kaidah administrasi keuangan yang standar. Banyak UMKM yang belum menyiapkan informasi akuntansi dengan baik yang sesuai dengan SAK EMKM, sebagian besar masih menggunakan akuntansi sederhana.

UMKM merupakan salah satu penggerak perekonomian bangsa karena memegang peranan penting dalam pertumbuhan dan penyerapan tenaga kerja di Indonesia. Pembahasan mengenai UMKM telah menjadi salah satu isu hangat dalam perekonomian Indonesia saat ini. UMKM secara langsung mendorong pertumbuhan ekonomi untuk masyarakat menengah ke bawah. Kegiatan-kegiatan ekonomi dari UMKM telah membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat Indonesia sehingga dapat menyerap tenaga kerja Indonesia yang belum mendapatkan pekerjaan. UMKM adalah usaha ekonomi produktif milik orang perseorangan dan/atau bahan usaha perorangan, bukan merupakan anak perusahaan atau bukan cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dari usaha menengah atau usaha yang memenuhi kriteria usaha kecil (Ningtiyas, 2017).

Tujuan laporan keuangan adalah menyediakan informasi posisi keuangan, kinerja keuangan, dan laporan arus kas suatu entitas yang bermanfaat bagi sejumlah besar pengguna dalam pengambilan keputusan ekonomi, oleh siapapun yang tidak dalam posisi dapat meminta laporan keuangan khusus untuk memenuhi kebutuhan informasi tertentu. Dalam menyusun laporan keuangan yang sesuai standar terlebih dahulu, harus ada pembenahan dari perusahaan itu sendiri. Semakin kompleks suatu kegiatan operasional perusahaan, maka penyusunan laporan keuangan pun semakin penting untuk diterapkan (Warsadi, 2017). Laporan keuangan merupakan informasi keuangan yang disusun oleh perusahaan dari proses kegiatan akuntansinya pada periode tertentu, untuk menggambarkan kinerja keuangan suatu perusahaan dan ditujukan kepada pihak-pihak yang membutuhkan dalam pengambilan keputusan. Laporan keuangan adalah proses akuntansi yang digunakan sebagai media untuk berkomunikasi tentang informasi antara data keuangan atau aktivitas suatu perusahaan kepada pemakainya, sebagai salah satu bahan dalam pengambilan keputusan (Norkamsiah dkk., 2016). Penyusunan laporan keuangan mempunyai peranan penting untuk mencapai keberhasilan usaha bagi pemilik, pengelola dan pegawai usaha. Hal ini dikarenakan laporan keuangan dapat dijadikan sebagai pedoman dalam monitoring maupun perencanaan usaha kedepannya (Istanti dkk., 2020).

<!--[if !supportLists]-->C.      <!--[endif]-->TUJUAN KEGIATAN

Berdasarkan uraian latar belakang di atas maka tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai berikut. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendapatkan informasi tentang Penyusunan Laporan Keuangan UMKM berdasarkan SAK-EMKM pada UMKM Rumah BUMN Kab. Kepulauan Selayar.

<!--[if !supportLists]-->D.    <!--[endif]-->DASAR HUKUM

<!--[if !supportLists]-->1.    <!--[endif]-->Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2017 Tentang Satuan Pengawasan Internal Pada Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri

<!--[if !supportLists]-->2.    <!--[endif]-->Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 200/PMK.05/2017 Tentang Sistem Pengendalian Intern Pada Badan Layanan Umum

<!--[if !supportLists]-->3.    <!--[endif]-->Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 32/PMK.02/2018 Tentang Standar Biaya Masukan Tahun Anggaran 2019.

<!--[if !supportLists]-->4.    <!--[endif]-->Peraturan Menteri Keuangan No.119/PMK.02/2020 tentang Standar Biaya Masukan Tahun Anggaran 2021.

<!--[if !supportLists]-->E.     <!--[endif]-->SASARAN

Sasaran kegiatan ini adalah pengelola dan pelaku UMKM di Rumah BUMN Kab. Kepulauan Selayar. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan data sekunder. Menurut Sugiyono (2017:104), sumber data primer adalah sumber data yang diperoleh secara langsung dari subjek yang diteliti. Data primer pada penelitian ini berupa wawancara langsung terhadap pemilik UMKM Rumah BUMN Kab. Kepulauan Selayar. Data sekunder adalah sumber data yang tidak langsung memberikan data kepada pengumpul data (Sugiyono, 2017:104). Sumber data sekunder berupa dokumentasi, data-data, tabel-tabel yang berhubungan dengan topik yang diteliti, yaitu buku, jurnal penelitian terdahulu dan dokumen yang dimiliki oleh UMKM Rumah BUMN Kab. Kepulauan Selayar terkait dengan laporan keuangannya.

<!--[if !supportLists]-->F.       <!--[endif]-->DESKRIPSI KEGIATAN

Deskripsi kegiatan ini adalah sebagai berikut.

<!--[if !supportLists]-->1.      <!--[endif]-->Waktu dan Tempat

<!--[if !supportLists]-->a.       <!--[endif]-->Waktu                  : Februari - Juni 2021

<!--[if !supportLists]-->b.      <!--[endif]-->Tempat                 : Rumah BUMN Kab. Kepulauan Selayar

 

<!--[if !supportLists]-->2.    <!--[endif]-->Kronologis Kegiatan

Kegiatan penelitian ini dilaksanakan dari sejak kurun waktu Februari-Juni 2021. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh melalui dokumentasi dan wawancara. Data subjek adalah jenis data penelitian yang berupa opini, sikap, pengalaman atau karakteristik dari seseorang Teknik pengumpulan data merupakan langkah yang paling strategis dalam penelitian, karena tujuan utama dari penelitian adalah mendapatkan data. Adapun teknik pengumpulan data mengenai Penyusunan Laporan Keuangan UMKM berdasarkan SAK-EMKM yaitu:

1. Wawancara

Wawancara dalam Sugiyono (2016:231), menyatakan bahwa wawancara merupakan pertemuan dua orang untuk bertukar informasi dan ide melalui tanya jawab, sehingga dapat dikonstruksikan makna dalam suatu topik tertentu. Jenis-jenis wawancara terbagi menjadi tiga, yaitu wawancara terstruktur, wawancara semi terstruktur, dan wawancara tidak terstruktur. Jenis wawancara yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara tak berstruktur. Secara spesifik, wawancara dalam penelitian ini dilaksanakan dengan melakukan tanya jawab langsung terhadap pemilik dan pegawai guna mendapatkan data dan informasi, seperti berapa kali pembelian persediaan dilakukan dalam setahun, apakah ada penyimpanan persediaan diluar toko, bagaimana sistem penjualan yang dilakukan, apakah bisa dengan kredit, apakah bisa dengan tukar tambah, apakah biaya pengiriman dibebankan ke konsumen, apakah ada pengeluaran material yang terjadi di tahun-tahun sebelumnya. Data yang diperoleh melalui wawancara tersebut tentunya menjadi tambahan informasi dan memudahkan peneliti dalam penyusunan laporan keuangan berdasarkan SAK EMKM.

2. Dokumentasi

Sugiyono (2016:240) menyatakan bahwa dokumen merupakan catatan peristiwa yang sudah berlalu. Dokumen bisa berbentuk tulisan, misalnya catatan harian. Dokumentasi yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu merekam dokumen dan buku catatan keuangan atas transaksi selama satu periode yang telah dibuat oleh UMKM Rumah BUMN Kab. Kepulauan Selayar ke dalam Microsoft Excel, sehingga dapat memudahkan peneliti dalam penyusunan laporan keuangan akhir periode berdasarkan SAK EMKM. Dokumen tersebut bisa berupa invoice atau kuitansi pengeluaran selama satu periode, dimana invoice atau kuitansi tersebut membantu peneliti dalam membuat jurnal untuk pos beban, aset tetap, persediaan, beban dibayar dimuka, utang, dan kas. Selanjutnya dokumen lain yang bisa diambil adalah invoice atau kuitansi penerimaan selama satu periode, dimana invoice atau kuitansi tersebut membantu peneliti dalam membuat jurnal pos pendapatan, kas, persediaan, piutang dan aset tetap apabila ada penjualan atas aset tetap. Surat-surat penting yang berkaitan dengan aset, tetap membantu peneliti dalam membuat jurnal penyesuaian sehingga aset yang dimiliki oleh UMKM Rumah BUMN Kab. Kepulauan Selayar memiliki nilai buku yang sesuai dengan SAK EMKM. Di sisi lain, buku catatan keuangan menjadi data pelengkap dari surat dan kuitansi apabila ada transaksi kecil yang tidak dibuatkan kuitansinya.atau sekolompok orang yang menjadi subjek penelitian (responden).

 

<!--[if !supportLists]-->3.    <!--[endif]-->Keluaran (Output)

       Output yang dihasilkan dalam kegiatan ini adalah hasil penelitian yang selanjutkan akan dikirim abstraknya untuk diikutkan dalam kegiatan konferensi baik nasional maupun internasional atau dipublikasikan dalam bentuk jurnal ilmiah.

 

<!--[if !supportLists]-->4.    <!--[endif]-->Tim Petugas Publikasi

Pelaksana kegiatan penelitian dengan judul PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN UMKM BERDASARKAN SAK-EMKM (Studi Kasus Pada UMKM Rumah BUMN Kab. Kepulauan Selayar) Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam,  UIN Alauddin Makassar adalah sebagai berikut:

<!--[if !supportLists]-->a.     <!--[endif]-->Sumarlin, S.E., M.Ak. (Dosen Jurusan Akuntansi)

<!--[if !supportLists]-->b.    <!--[endif]-->Suhartono, S.E., M.Si. (Dosen Jurusan Akuntansi)

<!--[if !supportLists]-->c.     <!--[endif]-->Muh. Chaerullah Burhan (Mahasiswa Jurusan Akuntansi)

<!--[if !supportLists]-->d.    <!--[endif]-->Alfa Reza Dwi Yulistiangsih (Mahasiswa Jurusan Akuntansi) 



Uploaded by Suhartono