Sosialisasi Informasi Akademik Online

  • 13 Januari 2021
  • 12:32 WITA
  • Admin FST
  • Berita

Sistem informasi sangat membantu kelancaran proses kegiatan pada perguruan tinggi, tidak terkecuali di UIN Alauddin Makassar. Sistem informasi akademik sangat membantu pihak administrasi universitas dan fakultas, para dosen, dan tentunya para mahasiswa. Para dosen dapat meng-upload nilai matakuliah binaan mereka. Mahasiswa dapat melakukan registrasi perkuliahan setiap semester secara online dimanapun mereka berada. Mereka juga dapat mengecek nilai matakuliah yang diprogramkan. Selain itu, bagi mahasiswa yang membayar SPP secara online, maka akan dicutikan secara otomatis oleh sistem ini. Demikian pula mahasiswa yang lewat masa studi akan DO secara otomatis pula.

Menurut Pembantu Rektor bidang Kemahasiswaan, sistem informasi akademik online ini akan mulai dilaksanakan semester genap ini. Namun sosialisasi perlu dilakukan bagi semua sivitas akademika UIN Alauddin Makassar.
Menurut Kepala Puskom, Ridwan AK, sistem informasi (SI) akademik dan keuangan yang sementara ini berjalan, sedangkan SI lainnya seperti aset, perpustakaan, PPM, penelitian, dan lain-lain, sedang dalam tahap pengembangan. Semua sistem ini harus terintegrasi. Kendala paling berat implementasi SI ini adalah perubahan budaya dan standard operational procedure yang manual ke sistem komputerisasi ini. Namun, aplikasi SI ini dalam proses pembelajaran di UIN menjadi kebutuhan yang mendesak.
Sosialisasi ini dihadiri oleh para pimpinan fakultas, ketua dan sekretaris jurusan, para dosen, serta tenaga kependidikan dalam lingkungan UIN Alauddin Makassar.