FGD KURIKULUM UIN ALAUDDIN MAKASSAR; PENINGKATAN KURIKULUM UNTUK PRODI AKUNTANSI

  • 05 Mei 2024
  • 09:58 WITA
  • Administrator
  • Berita

Berita Akuntansi(Beraksi), Makassar 02 Mei 2024. Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN Alauddin Makassar melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) di Training Center Alauddin Makassar. Kegiatan ini hadiri oleh seluruh Ketua Program Studi lingkup UIN Alauddin Makassar atau yang mewakili. Jurusan akuntansi di wakili langsung oleh ibu Dr. Lince Bulutoding. SE.,M.Si.,Ak.,CA dan Ibu Nur Rahmah Sari, SE.,M.Acc.,Ak


Pada FGD yang dilaksanakan oleh LPM selama dua hri ini membahas tentang pemaparan Materi mengenai Kurikulum OBE oleh Narasumber, dan Penyusunan Kurikulum OBE yang mengundang Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Bapak Dr Muhammad Fakhri Husen, S E, M Si menjadi narasumber dalam Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Kurikulum UIN Alauddin. FGD ini menjadi penting untuk ditindaki sebagai respon dari Peraturan Menteri (Permen) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi nomor 53 tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu.
saat pembukaan FGD ini, Ketua LPM UIN Alauddin, Prof Dr Mashuri Masri, S Si, M Kes mengatakan fokus utama dalam Permen 53 tahun 2023 ini adalah memberikan keleluasaan kepada kampus  untuk mengembangkan kurikulum yang sesuai dengan konteks lokal dan kebutuhan lapangan kerja.


"Kurikulum ini diharapkan dapat memberikan ruang bagi Dosen dan kampus untuk berinovasi dalam proses pembelajaran, termasuk dengan penggunaan teknologi digital. Hal ini juga diharapkan dapat mendorong pembelajaran berbasis proyek dan kompetensi yang lebih holistik," pintanya saat memberikan sambutan.
Menurut Bapak Dr Muhammad Fakhri Husen, S E, M Si, konsep penyusunan kurikulum yang lebih di sederhanakan ini akan membuat mahasiswa lebih meningkatkan karakteristik n pola piker kritis mahasiswa.
Lebih Lanjut, Beliau mengungkapkan harapan untuk tiap dosen mampu merancang pembelajaran yang inovatif dan menarik di kelas. Hal ini menjadi bentuk peningkatan kompetensi dosen sesuai dengan perkembangan pengetahuan saat ini.
Kegiatan ini,diharapkan membantu prodi akuntansi untuk Menyusun kurikulum terbaru dan dapat meningkatkan kualitas kurikulum yang berlaku di prodi akuntansi