Tingkatkan Praktik Audit, Prodi Akuntansi Mengadakan Workshop Audit Berbasis Digital

  • 24 November 2023
  • 10:23 WITA
  • Administrator
  • Berita

Dalam era digital yang terus berkembang, aplikasi berbasis web telah menjadi bagian integral dari transformasi di berbagai bidang. Kemajuan teknologi informasi ini sangat memberikan dampak posirif dalam dunia pendidikan. Terkhusus untuk Perguruan Tinggi, Idealnya untuk metode pembelajaran praktikum saat ini harusnya sudah memanfaatkan teknologi dan berbasis website.

Saat ini Program Studi Akuntansi FEBI UIN Alauddin Makassar menggunakan metode pembelajaran  berbasis website untuk mata kuliah praktikum yang ada di jurusan Akuntansi. Salah satu yang sudah digunakan yaitu Accurate Online untuk praktikum Pengantar Akuntansi. Selanjutnya untuk Praktikum Audit juga akan berbasis website. Untuk itu, Program Studi Akuntansi FEBI UIN Alauddin Makassar mengadakan kegiatan Workshop Praktikum Audit Berbasis Digital dengan mendatangkan narasumber Bapak Abdul Gafur Rinaldi, S.Ak., CTT. Dari salah satu  Kantor Akuntan Publik Moh Wildan & Adi Darmawan. Worksop ini dilaksanakan pada hari Selasa 21 November 2023 pukul 09.00 di Laboratorium Komputer Akuntansi FEBI UINAM dan diikuti oleh para dosen, mahasiswa, dan alumni jurusan akuntansi.

Pada kegiatan workshop ini narasumber memperkenalkan dan mengajarkan aplikasi Eduakksa Online. Website Eduakksa ini merupakan aplikasi Praktikum Audit yang dilengkapi dengan buku Modul Pembelajaran yang memungkinkan mahasiswa untuk Mempelajari Praktikum Audit secara interaktif dan efektif. Kegiatan ini di buka secara resmi oleh Bapak Dr. Mustakim Muchlis, SE., M.Si. selaku sekretaris Prodi Akuntansi. Beliau sangat mengapresiasi kegiatan ini sebagai salah satu wadah untuk berbagi pengetahuan, pengalaman dan mendalami teknik-teknik audit berbasis digital, dan berharap peserta betul-betul fokus untuk mengikuti workshop ini.

Workshop ini sangat bermanfaat bagi pengajar, mahasiswa, dan alumni karena bisa menjadi bahan pembelajaran praktis bagi mahasiswa akuntansi, sehingga dapat mencetak lulusan yang berkompeten dan siap terjun di berbagai kantor akuntan public. Hal ini juga bisa menjadi transformasi skill profesionalisme dari audit manual menjadi audit berbasis teknologi. Mengingat saat ini diperlukan aplikasi untuk memudahkan auditor saat mengaudit laporan keuangan sebuah perusahaan, guna mengetahui seberapa layak penyajian laporan keungan yang dibuat perusahaan.

Salah satu peserta Workshop, Lani Melani merasa senang karena dapat menambah ilmu baru terutama dalam bidang auditing berbasis digital, meskipun pada awalnya terkesan ribet. Sebagai mahasiswa, saya merasa pelatihan seperti ini sangat bermanfaat, apalagi jika diterapkan pada perguruan tinggi yang mana praktikum audit yang semulanya hanya menggunakan buku saja (manual) diganti menjadi basis digital, tentunya hal ini akan mempermudah mahasiswa untuk bersahabat dengan dunia digital, bahkan dapat menjadi skill yang bisa digunakan untuk bersaing di era saat ini, ujarnya.