PELAKSANAAN SOSIALISASI BEASISWA MAKSI UGM DAN KULIAH PAKAR; PENGELOLAAN KEUANGAN BLU MENUJU GOOD UNIVERSITY GOVERNANCE

  • 06 April 2023
  • 05:08 WITA
  • Administrator
  • Berita

Gowa (4/5) Jurusan Akuntansi menyelenggarakan kuliah Pakar "Pengelolaan Keuangan BLU Menuju Good University Governance" yang menghadirkan Ketua Departemen Akuntansi Universitas Gajah Mada dan Ketua SPI UIN Alauddin Makassar di gedung Auditorium UIN Alauddin Makassar.kegiatan ini dibuka oleh ketua jurusan akuntansi, Memen Suwendi, SE.,M.Si dan Dekan FEBI UIN Alauddin, Prof.Dr.Abustani Ilyas, M.Ag " kuliah pakar ini sebagai bentuk apresiasi keberhasilan UIN Alauddin Makassar menjadi BLU terbaik tahun 2023. selanjutnya kegiatan diambil alih oleh ibu moderator, Dr.Lince Bulutoding, M.Si.,Ak untuk memulai kuliah pakar yang di hadiri oleh sekertaris jurusan Ekonomi Islam, Dosen Akuntansi, ekonomi islam dan perbankan syariah, serta mahasiswa, alumni fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

Sosialisasi beasiswa MAKSI Universitas Gajah Mada ditujukan untuk tiga program studi yaitu akuntansi, ekonomi islam dan perbankan syariah. Saat menyampaikan sosialisasi Beasiswa UGM ini, bapak, jufri, S.H,M.Hum menyatakan bahwa beasiswa ini diberikan hanya  kepada Universitas tertentu seperti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar yang termasuk universitas terbaik. pemberian beasiswa ini menjadi bentuk kerjasama antar kedua universitas yang diharapkan banyak mahasiswa yang berprestasi di fakultas ekonomi dan bisnis Islam UIN Alauddin Makassar yang dapat melanjutkan di MAKSI UGM
selain sosialisasi dipaparkan pula oleh  Rusdi Akbar M.SC.,Ph.D.,Ak.,CA mengenai BLU, selaku Ketua Departemen Akuntansi UGM bahwa terjadinya reformasi keuangan negara untuk meningkatkan pelayanan publik melalui PK BLU untuk investor, pemerintah,masyarakat, pegawai dll.peningkatan manajemen kinerja harus mulai dari strategi yang direncanakan hingga di berikan kinerja berupa pelayanan publik. Selanjutnya dijelaskan oleh Dr.murtiyadi awaluddin, SE.,M.M bahwa dengan adanya BLU akan meningkatkan pelayanan. dimana dana BLU bersumber dari akademik dan non akademik, seperti dana UKT dengan menyesuaikan grade mahasiswa. satker BLU UIN ALauddin Makassar dalam menuju good university governance , yaitu transparansi, akuntabilitas, responsibiliti, independensi dan kesetaraan dan kewajaran. kinerja UIN alauddin Makassar ini akan di periksa BPK tiap tahunnya untuk melaporkan pertanggungjawaban.dan untuk mahasiswa organisasi harus bisa mempertanggungjawabkan anggaran yang diberikan universitas dengan melaporkan laporan keuangan dengan baik dan benar.


@namlaelfa