Workshop Review Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)

  • 26 Agustus 2021
  • 01:41 WITA
  • Administrator
  • Berita

Mengawali tahun akademik semester ganjil 2021-2022, Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar mengadakan Workshop Review Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Kurikulum Merdeka Belajar merupakan program kebijakan baru yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Kabinet Indonesia Maju, Nadiem Anwar Makarim. Konsep Merdeka Belajar bagi perguruan tinggi bertujuan untuk mendorong mahasiswa dalam menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja.

Workshop ini dilaksanakan secara offline di ruang seminar lantai 2 gedung FEBI dan juga via daring menggunakan fasilitas zoom meeting pada hari Kamis 26 Agustus 2021. Kegiatan ini diawali dengan sambutan dari Bapak Memen Suwandi, SE., M.Si. (Ketua Program Studi Akuntansi UIN Alauddin Makassar) kemudian didampingi oleh Ibu Dr. Lince Bulutoding, SE., M.Si., Ak.(Sekretaris Prodi Akuntansi UIN Alauddin Makassar) sebagai moderator dalam kegiatan workshop.

Dalam kegiatan workshop ini menghadirkan narasumber Dr. Iwan Setiawan, S.Ag., M.Pd., M.E. Sy. (Ketua Jurusan Akuntansi Syariah UIN Sunan Gunung Jati) dan Dr. Andi Kusumawati, SE., M.Si., Ak., CA. (Ketua Jurusan Akuntansi FEBI UNHAS). Para narasumber ini akan meninjau dan mereview kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Prodi Akuntansi FEBI UIN Alauddin Makassar dengan mengacu pada pola kebijakan MBKM yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengikuti 1 (satu) semester atau setara dengan 20 (dua puluh) sks pembelajaran di luar prodi pada perguruan tinggi yang sama; dan paling lama 2 (dua) semester atau setara dengan 40 (empat puluh) sks pembelajaran pada prodi yang sama di perguruan tinggi yang berbeda, pembelajaran pada prodi yang berbeda di perguruan tinggi yang berbeda atau pembelajaran di luar perguruan tinggi.

Disamping itu, kegiatan workshop review kurikulum ini juga menghadirkan para alumni dari berbagai kalangan profesi antara lain dosen, auditor, dan akuntan perusahaan swasta untuk memberikan saran dan masukan terkait penerapan kurikulum MBKM program studi Akuntansi FEBI UIN Alauddin Makassar.

 

@raodahtuljannah