Kontribusi Jurusan Akuntansi dalam Pendidikan Profesi Berkelanjutan dan Rapat Anggota IAI Sulawesi Selatan 2024

  • 16 Juni 2024
  • 05:24 WITA
  • Administrator
  • Berita

Berita Akuntansi (Beraksi), Makassar, 14 Juni 2024 - Sekretaris Jurusan Akuntansi UIN Alauddin Makassar, Dr. Mustakim Muchlis, SE.,M.Si, bersama mahasiswa akuntansi angkatan 2022 dan 2023, turut berperan aktif sebagai Organizing Committee dalam menyukseskan kegiatan Pendidikan Profesi Berkelanjutan dan rapat anggota Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Wilayah Sulawesi Selatan tahun 2024. Keterlibatan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman berharga bagi mahasiswa dalam menjalankan kegiatan besar serta memperluas jaringan mereka dengan akuntan profesional dan mahasiswa akuntansi di Sulawesi Selatan.

Dalam kegiatan tersebut, hadir pula Ketua Jurusan Akuntansi UIN Alauddin Makassar, Dr. Lince Bulutodoing, yang juga merupakan pengurus IAI Sulawesi Selatan. Beliau berharap mahasiswa dapat menambah pengalaman, pengetahuan dan memperkenalkan diri dengan banyak pihak, sehingga memperkuat kompetensi mereka di bidang akuntansi dan jangkauan jaringan di luar kampus.

Sebelum acara dimulai, mahasiswa diajak berbincang dan bersantap malam bersama dewan pengurus nasional IAI, Bapak Deny Poerhadiyanto. Pada kesempatan itu, beliau mengajak mahasiswa untuk memiliki visi ke depan. "salah satunya menjadi auditor profesional, tahap awal yang perlu dilakukan adalah magang di kantor akuntan publik di Makassar, kemudian hijrah ke Jakarta dan bergabung dengan Kantor Akuntan publi besar," ujarnya. Selain itu, beliau juga menyarankan agar Akuntansi UIN Alauddin menyelenggarakan seminar dan workshop yang memberikan Satuan Kredit Profesi (SKP).

Pelaksanaan Pendikan Profesi Berkelanjutan pada hari Jumat 14 Juni 2024 di Wisma Kalla, mengusung tema “Sustainability Reporting: Menilik Implementasi IFRS S1 dan S2 di Indonesia”. Workshop ini membahas bagaimana perusahaan di Indonesia bersiap mengadopsi standar pelaporan keberlanjutan global baru yang diterbitkan oleh International Sustainability Standards Board (ISSB). IFRS S1 memberikan panduan tentang pengungkapan keberlanjutan umum, sementara IFRS S2 fokus pada pengungkapan risiko dan peluang terkait perubahan iklim.

Agenda rapat anggota IAI Wilayah Sulawesi Selatan meliputi laporan pertanggungjawaban pengurus periode sebelumnya dan pemilihan ketua IAI periode 2024-2028. Berdasarkan hasil rapat, Bapak Asruddin, SE, MM, Ak, CA terpilih sebagai Ketua IAI yang baru. Saat ini, beliau menjabat sebagai Direktur Utama PT. Semen Tonasa. Dalam sambutannya, beliau menyatakan kesiapannya untuk bersinergi dengan seluruh pihak, termasuk perguruan tinggi, dan kembali mengaktifkan IAI Junior.

Keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan ini merupakan langkah awal untuk menghadirkan IAI Junior yang akan dirintis kembali pada kepengurusan IAI yang baru saja terpilih. Dengan demikian, diharapkan mahasiswa akuntansi UIN Alauddin Makassar dapat terus mengembangkan diri dan berkontribusi dalam dunia profesional akuntansi di masa mendatang.