BENCHMARKING KE UMI MAKASSAR; JURUSAN AKUNTANSI MULAI SIAP MENGIKUTI JEJAK AKUNTANSI UMI MAKASSAR

  • 20 Februari 2024
  • 09:58 WITA
  • Administrator
  • Berita

Berita Akuntansi (Beraksi)- Makassar, 19 Februari 2024.  Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar melakukan kunjungan ke Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar dalam rangka Benchmarking menuju unggul. Benchmarking dilaksanakan pada nari senin, 19 februari 2024 di  AULA Prof. Dr. Abdurrahman A Basalamah,FEB UMI Makassar setelah civitas febi uin alauddin melaksanajkan upacara di lapangan kampus 2 uin alauddin makassar. Kunjungan tim febi uin alauddin makassar diwakili oleh wadek 1, kajur dan sekjur, ketua kpm dan gpm tiap prodi, dimana pada prodi akuntansi diwakili oleh kajur, ketua gpm akuntansi dan anggotanya.

kegiatan benchmarking ini di buka oleh DEKAN FEB UMI, bapak Dr. Muh. Syafi’i B., SE., MM yang memperkenalkan pimpinan, kepala Lembaga, dan dosen2 UMI, termasuk Kajur Akuntansi, bapak Prof. Dr. Samsuri Rahim, SE., S.IP., M.Si., Ak., CA., ACPA. dekan FEB UMI menjelaskan bahwa seluruh prodi telah terakreditasi unggul karena kerjasama seluruh civitas UMI. selain itu wadek 1 feb UMI mengungkapkan bahwa Hal yang paling penting peningkatan tata kelola dan penjaminan mutu melalui kegiatan monitoring dan evaluasi. kegiatan itu melalui:
1. Penyamaan persepsi antara pimpinan dengan keseluruhan SDM Instansi,
2. Kedudukan kurikulum FEB UMI: KKNI berbasis OBE beradaptasi MBKM,
3. Manajemen SPMI: fokus pada Siklus PPEPP, salah satunya dengan melakukan sertifikasi auditor mutu

Selain itu ketua jurusan akuntansi, bapak Prof. Dr. Samsuri Rahim, SE., S.IP., M.Si., Ak., CA., ACPA menjelaskan  bahwa publikasi dosen, sitasi, data-data prinsipal, kemampuan penjamian mutu untuk menjelaskan capaian dari prodi telah memlalui yang ditetapkan, dan adanya perumusan visi-misi yang jelas. Kegiatan ini menjadi salah satu tindak lanjutan dari kegiatan perumusan visi-misi fakultas sebelumnya,untuk mendapatkan saran agar kedepan tiap prodi dalam perumusan visi-misi dapat menampilkan hasil visi dan misi yang jelas, kredibel, dan realisitis.
Saat sesi tanya jawab, ketua jurusan akuntansi, Dr. Lince Bulutoding, SE.,M.Si.,Ak berpartisipasi untuk memberikan pertanyaan untuk peningkatan akuntansi uin kedepan. ketua jurusan akuntansi menanyakan tentang pelampuan secara internasional, baik pendidikan, pengabdian, dan penelitian.

Hasil dari kegiatan benchmarking tersebut diketahui bahwa untuk akreditasi LAMEMBA semua sudah harus bertaraf internasional, mulai dari exchange student (dengan MoU yang telah dilaksanakan), PKM Internasional yang berkelanjutan di tempat yang sama, artikel yang berkualitas dengan banyaknya sitasi baik di sinta 2 atau jurnal internasional.
kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pandangan dan pengetahuan perwakilan dari jurusan akuntansi agar dapat mencapai akreditasi unggul dan memenuhi standar LAMEMBA.


@namlaelfa